Jumat, 28 November 2014

Manusia dan penderitaan

A.      Manusia dan Penderitaan

Penderitaan adalah suatu rasa cemas yang sangat menggangu. Rasa yang membuat setiap manusia merasa tidak bahagia. Jangankan bahagia, merasakan keindahan pun sepertinya tak mungkin jika seseorang telah merasakan penderitaan. Merasa sengsara dan menderita. Disini saya akan menjelaskan tentang penyebab terjadinya manusia dan penderitaan. Dengan analisa mengenai :

1.       Salah satu bencana alam yang terjadi di indonesia
2.       Penyebab terjadinya
3.       Bagaimana menyikapi bencana dan penderitaan
4.       Solusi menghindari bencana dab pebderitaan
5.       Sikap anda mengenai bencana dan penderitaan.

Berikut penjelasannya :

a.       Salah satu bencan alam yang terjadi di indonesia
Indonesia adalah Negara kepulauan. Negara yang memiliki banyak sekali pulau-pulau. Tidak hanya pulau-pulau, indonesia juga memiliki banyak sekali budaya, kesenian, suku, dan ragam-ragam keindahan lainya. tak hanya itu, Indonesian juga memilki hal-hal yang cukup menyayangkan bagi warga negaranya sendiri. Seperti tuntutan pidana korupsi, kemiskinan, dan bencana alam.

Akhir-akhir ini sudah banyak sekali kejadian bencana alam yang terjadi di Negara indonesia. Terbesar adalah bencana meletusnya gunung berapi Krakatau yang terjadi hingga menyebabkan letusan yang sangat besar juga abu vulkanik yang menyebabkan langit menjadi gelap pada saat itu. Saking hebatnya letusan tersebut, getaran letusan gunung Krakatau bisa sampai terasa ke benua Australia. Kemudian bencana t besar juga abu vulkanik yang sakan penderitaan. tsunami di Aceh pada tanggal 26 desember 2004. Sudah sekitar 10 tahun yang lalu bencana itu terjadi. Bencana tersebut sangat besar sekali dan memakan banyak korban jiwa. Dan air laut yang pasang berhasil menyapu bersih daratan aceh hingga merobohkan semua bangunan yang ada. Kemudian bencana alam meletusnya gunung merapi di sidoarjo. Dan masih banyak bencana-bencana alam lainya yang terjadi di indonesia.


b.     Penyebab terjdinya bencana alam
Penyebab terjadinya bencana alam, dapat dilihat dari beberapa faktor. Ada dari faktor alam itu sendiri dan ada faktor dari ulah manusia. Maksudnya faktor dari alam itu sendiri adalah, bahwa alam itu sendiri yang membuat bencana alam tersebut. Bukan karna ulah manusia atau sebagainya. Contohnya seperti tsunami. Bencana tsunami terjadi karna adanya patahan/pergeseran lempengan di dasar dalam laut, yang mana lempengan tersebut bergeser secara berlawanan, yang mana hahl dari patahan itu atau pergeseran lempengan itu yang mengakibatkan terjadinya tsunami. Ada pun contoh lainnya, meletusnya gunung vulkanik, yang penyebab terjadinya adalah karna adanya pergesean lempengan tektonik. Yang mengakibatkan meletusnya gunung vulkanik tersebut. Kemudian, ada juga bencana yang disebabkan oleh ulah tangan manusia. Seperti banjir, tanah longsor, erosi, pemanasan global, dan lain-lainnya. Kita ambil contoh bencana yang dibuat oleh manusia. Yaitu banjir. Banjir sudah speperti bencana biasa bagi setiap daerah yang memeng tempatnya rawan dengan bencana banjir. Setiap datang musim hujan, pasti daerah mereka akan terkena bencana banjir. Jika usut di usut sebenarnya banjir adalah suatu yang diciptakan/dibuat oleh manusia itu sendiri. Tanpa mereka sadari secara keseluruhan. Saat bencana banjir datang, pasti para manusia akan mengeluh dan saling menyalahkan. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, itu adalah hasil dari perbuatan mereka yang membuat sampah, limbah, atau bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi yang dibuang dengan sembarangan. Tidak dibuang ditempat yang selayaknya di tempat sampah. Manusia umumnya cuek akan hal itu. Membuang sampah sembarangan. Sebenarnya, jika manusia lebih peka dengan keadaan sekitar dan propeksi pemikiran kedepan berjalan, maka manusia itu akan berpikir, jika membuang sampah sembarangan akan mendampakkan bencana yang merugikan banyak orang. Makanya dari itu, kita sebagai manusia yang berbudi pekerti dan memiliki moral serta jiwa kesatuan, harus sadar bahwa pentingnya menjaga lingkungan sekitar, bukan hanya menjaga namun juga merawatnya.


c.       Bagaimana menyikapi bencana dan penderitaan
Mungkin rasanya agak sedikit sulit untuk menyikapi bencana yang menimpa diri kita disaat bencana itu datang. Disaat kita terpuruk dan terjatuh, rasanya sulit untuk bangkit dari keterpurukan tersebut. Jadi, sebagaimana mungkin kita harus coba untuk tetap bertahan dan tabah saat bencana itu menimpa kita. Sebisa kita, semampu kita untuk bertahan hidup dalam menjalani sebuah cobaan yang telah diberikan tuhan untuk diri kita. Mungkin kita sedang diuji dalam hidup kita. Dan penderitaan itu pasti ada disaat kita  sedang dilanda bencana. maka dari itu, kita harus tetap bertahan dan tetap bertahan, tabah menjalani hidup, dan yakin bahwa nanti setelah selesai kita tertimpa bencana dan penderitaan, kita akan merasakan  sebuah kenikmatan dan kebahagiaan.


d.      Solusi menghindari bencana dan penderitaan
Kita sebagai manusia harus bisa peka dengan keadaan sekitar kita. Kita hidup di dunia ini bukan hanya untuk menetap dan tinggal. Bukan hanya berkerja dan beraktifitas. Tapi, kita harus menjaga dan merawat lingkungan sekitar kehidupan kita. Seperti tadi contohnya di atas tadi. Bencana banjir terjadi akibat ulah manusia yang lalai dalam menjaga lingkungan hidup. maka dari itu, solusinya kita sebagai manusia harus sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Dengan buang sampah pada tempatnya dan melestarikan lingkungan.

Solusi dari menghindari penderitaan adalah kita kembali lagi pada pernyataan diatas. Bahwa kita harus peka dengan lingkungan sekitar untuk menjaga lingkungan sekitar. Jika manusia tersebut berpikiran kedepan, bagaimana pentingnya menjaga lingkungan maka kita akan terjauh dari yang namanya penderitaan. Bukan hanya kita yang jauh dari penderitaan, tapi juga manusia lainya akan merasakan kebahagiaan yang kita rasakan.


e.      Sikap anda mengenai bencana dan penderitaan
Sikap saya sendiri, bahwa bencana adalah suatu yang terjadi yang tidak diinginkan yang dapat mengakibatkan kerusakan dan menimbulkan kerugian buat manusia ataupun lingkungan. Bencana bersifat global dan menyebabkan kerugian bagi satu dengan yang lainnya.


Sikap saya terhadap penderitaan. Harus dihadapi dengan sabar dan tawakal dan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang telah terjadi dengan hal apapun yang kita mampu dan kita bisa lakukan. Jangan menjadi orang yang pasif, namun menjadi orang yang aktif dalam mengadapi penderitaan, yang mana maksudnya adalah kita harus jadi lebih baik lagi kedepannya agar tidak merasakan penderitaan yang sama.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar