Sabtu, 15 November 2014

Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar





A.                     Cinta tanah air


Tanah air. Apa yang dimaksud dengan tanah air??? Tanah air adalah tempat kita lahir. Tempat kita berpijak. Tempat  kita hidup dan menjalani hidup. tanah air adalah tempat kita membangun sebuah kehidupan yang baru, kehidupan dimana kita akan berinteraksi dan menjalankan hubungan social antara manusia dengan manusia lainnya. Tanah air adalah tempat kita mengenal hal-hal baru dalam hidup. mengenal banyak hal, mengenal berbagai macam-macam hal. Bukan hanya hal manusiawi saja, melainkan dalam hal hidup bersosialisasi, mengenal budaya dan kehidupan bermasyarak daerah, suku bangasa yang beragam, karakteris manusia yang berbeda-beda, dan berbagai mancam-macam lainnya.


Sedangkan cinta, adalaha sebuah rasa yang ada disetiap manusia yang hidup. cinta adalah anugrah dari Tuhan yang Maha Esa. Cinta itu adalah sebagian kelebihan yang dimiliki oleh manusia. Makhluk hidup lain tidak mempunyai rasa cinta. Cinta hanya dimiliki oleh manusia. Karna manusia mempunyai rasa. Lain dengan makhluk lain. Makhluk lain hanya memiliki insting. Inilah kelebihan dari manusia sebagai makhlik hidup.


Cinta tanah air, apa maksudnya??? Maksud disini adalah, bagaimana kita menyambungkan antara tanah air dengan rasa cinta yang kita punya. Mungkin rasanya agak rumit, sulit untuk dijelaskan. Namun, secara tidak sadar mungkin kita akan mengerti secara singkat. Cinta tanah air, adalah bahwa kita sebagai manusia, makhluk yang memiliki akal pemikiran yang baik dengan kesadaran secara alamiah. Bahawa, kita mencintai tanah lahir kita sendiri. Tempat lahir kita, tempat tinggal kita, tempat kita berpijak, dan tempat kita hidup. tanah air adlah tempat kita bisa meakukan aktifitas yang kita ingin lakukan. Semua hal yang nyata, dapat kita lakukan di tanah air kita.


1.                       Cinta sebagai warganegara
Cinta sebagai  warga Negara adalah bahw akita bangga menjadi warga Negara tanah air kita sendiri. Kita bengga dengan sejarah yang telah tanah air perjuangkan melawan penjajah, kita bangga menjadi tanah air yang memiliki sejarah. Cinta kewarganegaraan juga bisa di maksudkan bahwa kita menyenangi dan bangga melnjalani kehidupan sebagai warga Negara yang hidup di tanah air.


2.                       Cinta kepada budaya tanah air
Cinta kepada budaya adalah yang maksudnya kita mencintai budaya tabah air kita. Mencintai dengan sutulus hati dan bangga dengan budaya tanah air kita sendiri. Seperti indonesia, yang memoliki beragam, bermacam-macam suku bangga dan budaya dari berbagai macam daerah dan tempat yang berbeda-beda. Seperti suku jawa ciri khas sopan santun atau yang disebut dengan bahasa daerahnya adalah “anggah ungguh”. Kemudian suku Sumatra yang adanta atau logatnya agak lebih kerasa dengan suku bangsa lainnya dan juga khasnya dengan makanannya yang dibuah tidak jauh-jauh dari bahan-bahan yang pedas. Kemudian suku Kalimantan dan suku Papua yang dari kedua tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan ciri khas masing-masing.


3.                       Cinta terhadap lingkungan tanah air
Setelah tadi sudah menyebutkan cinta budaya dan cinta kewarganegaraan. Sekarang, ke poin ketiga. Yaitu adalah cinta kepada lingkungan tanah air. Selain kita mencintai budaya dan bangga sebaga warga Negara yang memiliki tanah air. Kita juga patut mencintai lingkungan tanah air kita, lingkungan sekitar tanah air kita dengan melakukan aktifitas-aktifitas positive. Melakukan aktifitas yang mendukung keberlangsungan kesejahteraan lingkungan tanah air. Seperti melakukan aktifitas Go Green, Car free Day, gerakan tanam bakau di daerah laut untuk mencegah erosi atau pengikisan daratan oleh air laut, dan masih banyak hal-hal positive yang masih bisa dilakukan yang mendukung keberlangsungan hidup serta kesejahteraan lingkungan tanah air.



Kesimpilannya, kita sebagai warga Negara, khususnya warga Negara indonesia kita yang lahir di tanah indonesia, kita yang menjadi wrga Negara indonesia, dan kita yang hidup di tanah air indonesia, harus bangga dan cinta dengan tanah air kiya sendiri. Tanah air indonesia.




B.                      Cinta kepada sesama manusia

Manusia adalah makhluk hidup. makhluk hidup yang diciptakan dari sebuah zat yang alamiah. Manusia adalah makluk ciptaan tuhan yang paling sempurna dari ciptaan tuhan lainnya. Manusia adalah insan yang memiliki akal yang sehat. Mereka adalah individu-individu yang kemudian berkerumunan membentuk sebuah perkumpulan dan itu yang disebut sebagai kelompok.

Cinta adalah rasa. Cinta adalah perasaan yang tercipta dan berada dalam manusia. Manusian memiliki perasaan dan dalam perasaan ada yang namanya cinta. Cinta tidak bisa di jelaskan oleh kata-kata, hanya bisa dirasakan. Kata beberapa orang yang mengatakan seperti itu. Keterkaitan antara manusia dengan cinta, sangatlah berketerkaitan. Dua hal itu sama-sama saling terikat satu sama lain. Cinta dalam diri manusia, hanya sebagai pelengkap.


1.                       Cinta sebagai makna sayang
Cinta yang dimaksud dalam hal ini adalah, bahwa setelah kita timbul rasa cinta, secara otomatis akan timbul rasa sayang. Sayang didefinisikan, rasa yang melengkapi rasa cinta itu sendiri. Sayang adalah sikap seseorang yang mencintai seseorang lainnya dengan setulus hati tanpa mengharapkan sesuatu dari sseorang yang disayanginya. Cinta dalam makna sayang, dapat dijelaskan dalam sebuah hubungan yang serius. Sayang pun dapat dikatagorikan kedalam beberapa hal. Contohnya; sayang dengan orang tua, sayang dengan sahabat, sayang dengan kekasih, dan sayang yang lainya. Tanpa sayang, cinta akan terasa hambar dan datar. Seperti meminum teh manis tanpa gula. Sayang adalah pemanis buat rasa cinta itu sendiri.


2.                       Cinta sebagai makna kasih
Cinta sebagai makna kasih, adalah cinta yang saling mengasihi. Hampir sama dengan sayang pada umumnya, namun kasih adalah sifat atau tindakkan yang dilakukan tanpa ada unsur paksaan. Hanya melakukan demi membuat seorang disayangi tersenyum karna kasih yang telah kita beri secara ikhlas, tulus, dan semestinya. Rasa kasih sendiri juga termasuk senagai pelengkap sayang. Dimana ada rasa kasih pasti disitu ada rasa sayang. Makanya orang kadang menyebutnya dengan kasih sayang “Kasih dan Sayang”. Mungkin ada beberapa orang yang berfikir bahwa kasih sayang adalah kita memberikan hadiah (berupa benda, atau apapun) terhadap orang yang kita kasihi. Namun sebenabra tak seperti itu. Cukup membuat dia senang dengan memberikan perhatian dan kasih sayang, kemudian dia measa bahagia, sebenarnya itu sudah masuk dalam makna cinta sebagai makna kasih. Rasa kasih sangat dekat dengan rasa sayang, dan keduanya sangat penting dalam cinta.


3.                       Cinta sebagai makna nyaman
Cinta sebagai rasa nyaman adalah saat seseorang merasa tenamg dan damai saat bersama orang yang dia sayangi.itu yang dimaksud dengan nyaman. nyam itu dapat di kategorikan dalam beberapa jenis. Contohnya; nyaman sebagai sahabat, nyaman sebagai teman dekat, nyaman sebagai tempat curhat, nyaman sebagai kekasih, nyaman karna sependapat, dan contoh nyaman yang lainnya. Nyam adalah hal yang berpengaruh besar dalam cinta. Dalam rasa nyaman, semua sudah mencakup semua. Rasa sayang, rasa kasih sudah mencakup semua dalam rasa nyaman. mungkin cinta tidak akan ada tanpa rasa nyaman tersebut, karna nyaman adalah kunci dari semua rasa yang ada. Sayang, belum tentu dia nyaman. tapi nyaman, sudah pasti sayang. Begitupun cinta, cinta akan bertahan lama apabila dua orang yang saling mencintai merasa nyaman berada didekatnya masing-masing.


Kesimpulanya adalah, bahwa manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang bisa dibilang sempurna dari makhluk hidup lainnya. Manusia memiliki akal yang sehat, pemikiran yang rasional, serta memiliki rasa, terutama rasa cinta tersebut. Manusia dapat saling menyukai, karna cinta. Manusia bisa salinh mengenal satu dengan yang lain, karna cinta. Manusia bisa bertahan hidup, karna cinta. Dan kadang manusia bisa mati, begitupun penyebab kematiaanya karna cintanya sendiri. Tergantung bagaimana kita menyikapi rasa cinta itu tersebut, terhadap siapa kita menaruhkah rasa cinta yang kita miliki, dan bagaimana kita menjaga dengan baik.



C.                      Cinta kepada alam dan lingkungan

 Lingkungan. Apa itu lingkungan??? Apa hubungannya cinta dan lingkungan??? Mungkin akan ada pertanyaan seperti itu. Lingkunagn adalah tempat tinggal. Lingkungan adalah tempat tumbuh kembangnya makhluk hidup. lingkungan adalah tempat berkumpul para organisme-organisme makhul hidup. lingkungan tempat makhluk hidup bisa saling bertemu dan dapat berinteraksi secara alamiah. Lingkungan adalah ekosistem kehidupan yang perlu kita jaga dan kita rawat. Mengapa?? Karna lingkunga adalah unsur yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup.


1.                       Lingkungan sebagai sumber kehidupan
Lingkungan adalah unsur yang sangat penting sekali bagi kehidupan. Dalam lingkungan semua kehidupan ada. Dalam lingkungan terdapat organisme-organisme yang hidup dan membangun kehidupan. Seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan lain-lainya. Mereka semua menjalani kehidupan di dalam lingkungan mereka masinhg-masing. Dan, lingkungan itu terbagi menjadi 3 macam, contohnya: ada lingkungan di perairan, lingkungan di darat, lingkungan di angkasa/udara. lingkungan juga tempat untuk mencari makan dan lainnya. Intinya adalah bahwa lingkungan sangat berarti untuk keberlangsungan hidup.


2.                       Lingkungan sebagai sumber mata pencaharian
Lingkungan bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk bersinggah. Bukan hanya jadi tempat untuk menetap hidup. manusia butuh makan dan minun, dan untuk memenuhi itu semua manusia harus memiliki materi. Dengan apa materi di dapat?? Dengan usaha dan kerja keras. Lingkunga bukan tempat untuk santai-santai saja. Lingkungan juga bisa dijadikan media untuk melakukan aktifitas yang positive. Seperti bekerja, bertani, investasi, dan macam-macam lainnya. Lingkungan jyga bisa jadi sarana untuk mencari sebuah mata pencaharian/pekerjaan. Dengan bekerja, kita mendapatkan gaji,dan dengan gaji kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita.


3.                       Lingkunan sebagai tempat bersosialisasi
Lingkungan adalah tempat individu dan individu yang lain dapat bersosialosasi atau melakukan interaksi social. Dapat saling mengenal satu sama lainnya. Bertukar pikiran, berkontribusi, berdiskusi, dan dapat saling mencintai. Semua dapat dlakukan dalam sebuah lingkungan. Jadi, lingkungan sangatlah penting bagi kehidupan manusia.


Cinta terhadap lingkungan. Kembali lagi membahas tentang cinta. Cinta adalah rasa dan lingkngan adalah tempat. Maksudnya adalah bahwa kita sebagai umat manusia yang baik, makhluk tuhan yang diciptakan dengan akal sehat yang  bagus harusnya bisa berfikir. Untuk menjaga lingkungan kita sebaik mungkin. Jagan malah merusaknya dengan rasa ketidak pedulian yang sangat mendewa. Seperti; membuang sapah tidak pada tempatnya, asap kendara yang berlebihan, dan lain-lain. Sebenarnya sebuah hal yang kita anggap sepele awalnya, malah akan berakibat fatal dikemudiannya. Seperti buang sampah sembarangan, akan menyebabkan banjir, serta contoh-contoh lainnya. Kebanyakan bencana yang terjadi sekarang adalah sebagian besar karna ulah tangan manusia.bukannya ingin menge-jugje, melainkan kita harus sadar, dan mulai dari sekarang untuk menjada lingkungan kita agar selalu terawatt dan terjaga. Dan menjadi lingkungan yang sehat dan bebas dari hal-hal yang buruk yang akan mungkin bisa terjadi.
              


Sekian.

 itu semua manusia harus memiliki materi


Terima kasih banyak Jakebutuhan hidup kita.
akebutuhan hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar