Kamis, 12 November 2015

politik dunia maya dan dunia nyata



Tugas Softskill

nama : ahmad zulhendi tri adi saputra
kelas : 2pa19
npm : 10514624

                                   politik dunia nyata dan dunia maya 


Apa itu politik ?
politik adalah suatu betuk dari gabungan-gabungan pola pemikiran yang kemudian tercipta menjadi satu ide yang bergagasan untuk membangun suatu kehidupan yang baru yang berdasarkan dengan hak dan norma yang telah disepakati.
Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonsitutional. Disamping itu politik juga dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.
Dijaman sekarang, sudah banyak negara yang menggunakan politik untuk keberlangsungan berkembangnya negara mereka masing-masing. Politik biasanya berada di negara yang demokratis. Contohnya seperti : indonesia, amerika serikat, korea utara, dll. Namun bukan hanya dinegara demokratis, tapi pasti setiap negara punya gaya politik masing-masing.
Di indonesia, politik sudah menjadi darah daging bagi penduduknya. Pemerintahan indonesia pun menggunakan politik sebagai penglarasan bagi pemerintahannya . Pemerintahan pun menggunakan politik sebagai alat untuk menyalurakan aspirasinya, seperti gambar dibawah ini.

Dan contoh lain seperti ini:

Di indonesia sendiri, politik sudah menjadi daya tarik yang sangat kuat sekali untuk dapat menarik minat masyarakat akan suatu aspirasi dari sebuah kelompok masyarakat yang mana sebuah kelompok masyarakat tersebut membuat sebuah lembaga permasyarakatan yang biasa disebut “partai masyarakat”.
Bagaimana politik tersebut berjalan, membangun sebuah gagasan baru, ideologi yang baru, sebuah pembaharuan dengan gaya politik yang menarik, dan segala halnya masih banyak lagi.
Politik dapat berkembang dengan sangat cepat. Karna faktor dunia yang semakin berkembang dengan pesat yang menciptakan gaya politik yang baru dan lebih canggih.
Namun, nyatanya politik pun dapat menghasilkan hal yang negative bagi subjek yang menjalankan politiknya tersebut. Misalkan, terjerumus dalam masalah korupsi. Banyak penjabat sekarang yang mengalami kasus PHK akibat ulahnya atau sikap berpolitiknya yang negative. Makanya dari itu negara membuat sebuah lembaga yang khususnya menangani masalah korupsi. Yaitu adalah lembaga KPK (komisi pemberantasan korupsi).

Dijaman yang sudah berkembang saat ini, dan mungkin bisa dibilang sekarang kita berada di zaman yang sanngat modern. Dimana semua akses yang di tempuh sudah bersifat mobile online. Akses-akses yang ditempuh sekarng lebih mudah dengan adanya alat pembantu yang dapat menyalurkan seluruh aspirasi masyarakat.

Seperti contoh ambar diatas, dampak majunya perkembangan zaman sekarang kampanye dapat dilakukan di dalam dunia maya. Bagaimana setiap para tokoh masyarakat tersebuh, beradu argument, beradu aspirasi, saling bersaing dengan baik, agar dapat menarik simpati masyarakat supaya mendukung kampanye tersebut dan menjadi pemenang dalam persaingan kampanye yang sangat ketat. Ini menunjukkan bahwa politik sudah mulai berkembang dan maju.
Namun, negatifnya dari perkembangan zaman saat ini adalah ada beberapa netizen yang malah menggunakan media social untuk menjadi sebagai ajang saling ejek mengejek. Seperti ini:


Ini adalah salah satu sifat negative yang seharusnya tidak kita contohkan, dalam politik. Akibatnya dari negatifnya pengguna sosmed yang mengecamkan dunia maya, dapat berdampak pada semuanya. Timbullah hal hal negative yang dapat merusak pola pikir masyarakat akan politik tersebut. Yang awalnya masyarakat bersikap respect terhadap politik yang sehat dan baik, akibat timbulnya ulah yang merusak citra politik, dan membuat politik menjadi jelek dibenak banyak orang.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar